Riri Riza

Riri Riza merupakan salah satu nama populer dalam deretan sutradara film Indonesia. Berkat karya berbobotnya dan sambutan pasar film, dia dianggap sebagai salah satu ‘energi’ perfilman Indonesia, setelah sebelumnya terpuruk.
Film layar lebar pertama yang disutradarainya berjudul Kuldesak, yang mulai diproduksi pada 1996 dan dirilis 1998. Riri bekerjasama dengan Mira Lesmana, Nan T. Achnas dan Rizal Mantovani sebagai penulis naskah skenarionya.
Sementara karya film dokumenter hasil penyutradaraannya berjudul Anak Seribu Pulau, untuk judul Siulan Bambu Toraja dan Kupu-Kupu di Atas Batikku. Disusul Buku Catatanku, film televisi yang khusus diputar di RCTI untuk memperingati Hari anak-anak Internasional 1997, yang mengantarkannya bersama Mira Lesmana memperoleh nominasi Festival Sinetron Indonesia 1998 untuk Penulisan Cerita Terbaik.

Pria yang pernah menggarap film Petualangan Sherina, berikutnya mengarap film-film sukses, termasuk di antaranya Eliana, Eliana, Gie, Untuk Rena, Ada Apa dengan Cinta, Rumah ke Tujuh dan film terbarunya, 3 Hari untuk Selamanya (2007).

Kembali berkolaborasi dengan produser Mira Lesmana, Riri menggarap film LASKAR PELANGI yang diambil dari novel berjudul sama pada 2008. Dalam film ini, Riri memilih menggunakan tokoh-tokoh utama dengan mengambil langsung di daerah aslinya. Terbukti, film ini menjadi film laris sepanjang 2008, bahkan laris memenangkan berbagai penghargaan Internasional.

About | Film Terbaik | Klasifikasi Film | Sejarah Film | Sutradara | Tentang FFI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: